Pentingnya Laporan Keuangan Dalam Memulai Usaha

Air,

Abi Ingin sedikit berbagi sesuai petunjuk pak Ipan tentang sedekah tanpa uang. (Setidaknya lebih baik dari pada hanya sekedar senyuman).

Siapa tahu suatu kelak Air jadi pengusaha atau bisa bermanfaat kalau jadi Istri nantinya.

Kemarin ada kuliah twitter #Finclic dari Ligwina Hananto (Financial Planner), ada 1 hal yang jadi konsen saya dalam kuliah twitter itu yaitu tentang pentingnya laporan keuangan.

Kenapa laporan keuangan?
Karena laporan keuangan akan menentukan strategi kita dalam berdagang. Semoga nantinya kam

Dalam laporan keuangan terdapat 3 item yang penting yaitu : Fix cost, Variable cost dan Margin/Laba.
1. Fix cost adalah biaya tetap yang akan kita keluarkan selama usaha kita jalan. yakni gaji karyawan, sewa gedung, sewa alat dll. (jika usaha kecil, perlu diperhitungkan juga gaji untuk diri sendiri, kalau tidak mau selamanya tidak mendapat gaji)
2. Variable cost adalah biaya yang berhubungan dengan produksi. hal ini juga berkaitan dengan biaya promosi. biaya ini sifatnya naik turun tergantung dengan banyak tidaknya produksi dan promosi yang kita lakukan. biaya ini misalkan jika jualan roti ya bahan-bahannya, jika jualan tiket pesawat ya kebutuhan quota internetnya. dll
3. Laba, disini berarti jumlah penjualan dikurangi dengan variable dan fix cost.

Perhitungan ini harus diletakkan di awal, agar kita tahu berapa besar laba yang kita inginkan. Setelah tahu Laba yang diinginkan kemudian tinggal menentukan bagaimana bisa mencapai laba yang diinginkan dengan marketing yang tepat. sehingga kita punya plan dan target sehingga arah usaha kita akan lebih terarah jalannya.

Setelah usaha berjalan, laporan ini harus selalu di Update, agar bisa tahu strategi membesarkan usaha kedepanya.

Semoga bermanfaat ya Air.

About Avatar Dad

Avatar Dad adalah hanya sekedar nickname. Avatar Dad adalah penulis bebas. Inginnya dalam setiap tulisannya dalam format cerita, sebagai pembelajaran untuk bercerita ke anak-ana kelak